Home > Artikel > Tips dan Trik SPMB atau Ujian Lokal Masuk Universitas

Tips dan Trik SPMB atau Ujian Lokal Masuk Universitas

Nahh,,ini nehh,,,SPMB ato apalah namanya(skrg mgk lebih akrab dengan sebutan ujian masuk universitas karna universitas2 negri uda bikin tes masuk ndiri, jadi ga ujian nasional gitu dee) ,,ini penting banget buat adek2 (hallah,.sok tua gw..) yang mau masuk universitas ato yg mau lanjut ke bangku kuliah,,,

Event ini byasanya jadi momok banget buat anak2 kls 3 sma..biasanya diadakan abis UAN gitu,,berdasarkan pengalaman gw dulu, SPMB uda bener bener2 bikin deg deg an, bikin pusing..stress,,takut ga lulus..sgala macem..soalnya kelulusan kita pada saat SPMB ntu banyak skali faktor yang menentukan..menurut gw..faktor nya itu ada dua..faktor teknis dan faktor non-teknis,,dengan porsi menentukan kelulusan skitar 55-45..

Yang gw maksud dgn faktor non teknis ntu adalah tingkat pemahaman kita ama apa yg bakal di tes,,yah byasalah,,dah pada tau kan??hehe..
tips dr gw buat lo yg mau giat blajar..lo baca dan plajari deh tuh smua soal2 spmb dr taun jebot..gw jg dulu gitu,,emang usaha agak keras sih,,tp pcaya deh ketika lo ktrima..enak banget rasanya..kekeke,,,abis lo baca trus lo liatin deh..tuh soal2 uda punya batasan2 ndiri,,batasannya nya itu mengenai topik2 apa yg mau ditanyakan..jadi lo ga usah blajar banyak2,,cukup lo batesin plajari ama apa yg kira2 kluar ajah,,dan byasanya bimbel2 yg top uda ngeluarin kisi2 bahasan2 apa saja yg must dipelajarin secara maksimal..
tp inget lho..org pinter lom tentu bs lulus..banyak kok kejadian ky gitu,,bahkan yg byasa2 aja tiba2 bisa ktrima di universitas top,,

Kalo non- teknis ntu,,menurut gw, kaya lo ga salah isi nama, lembar jawaban lo klipet, kotor, kena air, dll..wah banyak banget pokok nya..yang bahkan terkadang terjadi bukan karna kesalahan lo..juga karna kesalahan panitia yg ngawas, yg ngangkut, dsb..apalagi meriksa nya pake scan..lo caba bayangin(gw dah pnh liat ndiri) org yg meriksa kertas ujian dr seluruh indo, dia harus meriksa sekian ribu,,jadi bgitu kertas lo salah dikit,,kelipet ato kotor lgsg dibuang aja..krn kerjaan nya masi banyak,,,wah2,,,berat banget yak??hehe

Nah..tips & trik dr gw,,kalo menghadapi faktor non teknis kaya gitu..yg bisa lo lakuin adalah berdoa..hehe,,,lo uda berusaha maksimal dan tuhan yang menentukan,,krn smua itu uda diluar kuasa kita..lo cm bs pasrah bro..asal lo emang uda berusaha maksimal..

Pesen dr gw,,,ingat,,lo gak harus pinter buat lulus..pcaya de..mau drmn aja asal SMA lo, yakinkan bahwa lo bs ktrima..SPMB ato ujian masuk universitas slain uji pengetahuan jg uji mental,..kalo dr awal mental lo uda kalah krn ngerasa minder pcaya de lo ga bakal lulus.,,tp dgn syarat jg, lo harus banyak blajar sblum ujian,,jangan modal mental doang..hahaha,,,

  1. hendro
    03/03/2009 at 9:45 am

    Cukup informatif….

  2. 11/07/2009 at 10:17 am

    wah cip banget nich info nya…..

    thanks kak!!!!

    • 11/11/2009 at 10:08 am

      ok dek….sukses yah..😆

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: