Home > Artikel > Pengalaman Gw Nyari Kerja,part1

Pengalaman Gw Nyari Kerja,part1

Part 1, Batam

Salah seorang teman nanya ama gw..”kenapa ga lo ceritain kisah hidup lo di blog?Memang bukan cerita yang menarik, tapi pasti akan cukup menghibur, dan lagian bisa buat nambah 2 wacana lagi”…Whew…Kok kesannya hidup gw ga menarik gitu sih???Tega banget…Tapi kalo menghibur, i believe that..( tengkyu buat ubay atas ide nya :D)…Ok..lets begin..sesuai judul diatas,,gw mau cerita dikit mengenai pengalaman gw ikut interview setelah gw selesai kuliah..Mungkin bakal panjang banget, oleh sebab itu gw akan bagi dalam beberapa bagian…

Part 1.

Gw lulus february 2008, and hold a bachelor degree in civil engineering…Weiss…Kedengeranya keren yak??Tambah lagi gw lulusan salah satu Universitas Negri terkenal..wah..masa depan terjamin neh..Orang – orang pasti mikir gitu..Sebenarnya gw jg sih.. :D??jgn langsung berfikir gitu.,,karena lo mungkin bakal terharu ato mgk ketawa baca kisah gw disini…

Setelah wisuda, gw santai2 dulu untuk bbrp waktu..Gw putuskan untuk bertemu keluarga gw nun jauh disana…Yahh…setelah lama gak pulang..ga da salahnya dong gw istirahat untuk beberapa saat dulu di rumah??…Hmm..dan waktu pun berjalan….berjalan..dan berjalann..yayaya,,,uda mulai masuk bulan maret neh…temen – temen gw rata2 udah pada kerja,..ada yang kerja di konsultan dosen, ada yg masuk perusahaan2 asing terkenal, ada yang keluar negri,dll..wah hebat-hebat yah?trus gw ngapain?tidurr..tidurr..dan tidurr…badan makin gemuk..yang dulunya gw pas kul cungkring.,,tiba2 jadi tambun..

Okeh..berarti sudah saat nya gw nyari kerjaan..dan petualangan pun dimulai..cari2 info diinternet..wahh..banyak juga yah lowongan..waktu jaman gw lulus entah kenapa gw ngeliat kebanyakan perusahaan2 gede yang buka lowongan..apalagi masa2 damai tanpa krisis global..kesaanya enak banget gitu nyari kerja…Gw inget banget ga bbrp lama setelah gw lulus, perusahaan EPC company yang namanya cukup besar di dunia, kita sebut saja namanya MCdermott..hehe..buka lowongan dengan job desc yang bener2 cocok ama spesialisasi gw.,,wow?whats a chance??..”Wah..brarti lo skrang kerja disana put??”tunggu.dan baca kelanjutannya…

Pada kenyataannya saking sok nya..gw ga ngelamar tuh keperusahaan itu..dengan satu alasan bodoh yang sangat gw sesali,haha..yaitu ..”ne kan perusahaan gw sering denger,,karyawannya banyak yang tinggal deket rumah gw (di batam)., ga mau ah,,ga da tantangannya..”..Boleh di cek kepada brader regar atas keabsahan alasan ini..😀 lets say this foolish No.1 of me…

Dan akhirnya pun gw melewatkan salah satu kesempatan besar itu..

Hmm..

Waktu berjalan terus..lamar sana-sini..tanya sana-sini..kirim email ampe puluhan..Tapi?kok ga dipanggil yah?Nah lho..udah 2 bulan aja gw nganggur..hmm..saat itu gw baru sadar nyari kerja tu susah(barrru tau yaa mas?),,,Dalam bulan April..Gw mulai panic..Gw mulai sering beli koran lowongan kerja lokal..

Dan akhirnya gw pun menemukan suatu lowongan untuk posisi “project manager” dan tidak ada requirement experiences dalam iklan nya..wah..menarikk sekali?sapa sih yang ga kpengen langsung jadi PM?boleh neh gw coba..ga da salahnya kan?oke..gw masukin..kirim lamaran pake pos..ga brp lama gw pun dipanggil lwat telpun.,suruh bawa CV lengkap.,..Thx God..panggilan kerja pertama..dan gilanya gw punya kesempatan untuk langsung jadi PM 😮

Begitu datang kekantor tersebut, gw langsung disodorin semacam tes,, ada 10 soal..Waduh.,”Oke,,bagi yang belum tau, gw itu sebenernya ga bodoh2 banget”,,Tapi gw ga bisa jawab soal2 itu 😥 (atau krn emang gw yang goblok ya?)…gw inget gw cm bisa isi 6 soal..dan mgk cuma 3 yang bener.. :(( ..Dan setelah test pun gw dipanggil menghadap user sambil bawa kertas jawaban..Dan terjadilah perbincangan sesaat..

“gimana?soalnya ga susah kan?..gw jawab “iya pak, tapi saya udah lupa sedikit”..”owh,,lupa itu wajar, karena kita manusia”..”wah, setuju pak “(asik.mgk gw ga bakal kliatan bego2 banget lah.,hehe)..”Bisa saya lihat CV kamu?”..”ini pak..”Okeh.hmm..bla bla bla..basa basi.”..oke…hmm..jadii,,But, wait..”kamu fresh graduate ya?” ” ya iyes pak, masa frezer..”..Waduh,,kok kamu berani2 nya ngelamar jadi PM kalo kamu masih fresh gini”..”lho?”whats the hell?” bapak yang manggil saya toh?”..@^@*#&(@..”oke..Mr.Putra,,kita minta maaf..posisi yang kita butuhkan disini adalah PM, and u know?untuk jd PM itu ga gampang, kamu harus bisa bla bla bla.., kamu harus bisa manage orang yg lbih tua dr kamu..”..Karena gw dah terlanjur kesel gw bilang aja “pak, gw yakin gw bisa jd PM, gw bisa ini itu was wes wos..dulu waktu kul gw plak plek plok, gw bisa kerajinan tangan segala macam..bah bih buh,,”..”oke.saya tau kamu itu pintar,,baiklah.saya kasi kamu untuk megang proyek saya 20M, kamu sanggup ga?dan kamu harus tau, jika terjadi kerugian itu semua tanggung jawab kamu”..😳“wheww..ya uda deh pak..ga jadi kalo gitu”..”oke Mr.Putra,,kami mohon maaf, karena anda sepertinya tidak cocok untuk posisi ini,nanti kami hubungi lagi,,manatau kami butuh ‘asisstant project manager?”..”oke pak,terimaksih.(what ever lah)..

Udah malu..pengen cepet2 keluar..haha..dan pas keluar emang smua ngeliat gw sambil senyum2 gitu.😥 .whew..malu banget..😳tapi salah siapa?salah gw gitu?..Sungguh perusahaan yang aneh,,ga baca dulu apa lamaran gw??  huhhh.,,

to be continued Part 2,,Pekanbaru..

  1. 03/06/2009 at 12:52 am

    Ckckckck,, kasian sekali lo put… sedih bacanya…
    tp gpp put,, lo hebat,, susah dapet pengalaman kaya gini..
    mungkin ntar bs lebih baek lg,, jdnya lo senyum2 doank dehh ngingetnya.. hehehe,, tp jgn tinggi2 bnget lah bos maunya,, ada2 aja lo.. klo baru fresh graduate,, coba2 aja dolo nambah pngalaman,, tp kbayang sehh,, muka lo keluar dari ruangan interview itu.. hahhahaaa…🙂

    • Kill_puTra
      03/06/2009 at 1:04 am

      oke bell..makasi sarannya..tp kan bukan salah gw bell dipanggill..manatau aja kan??haha..ternyata memang ga semudah yang dibayangkan..🙂

  2. Ubay
    03/06/2009 at 1:17 pm

    wew… Nama gw dibawa2 hehehehe……….

    Dir, seenggaknya cv lo bakal nambah, pengalaman tes n wawancara jadi PM huehehee…

    Keep posting, gan….

  3. Yudha
    03/06/2009 at 6:45 pm

    Walah..ada2 aja..^^;

    Mungkin untuk posisi Senior spt manager, senior engineer, dll. yang syarat umumnya punya pengalaman >10 tahun di bidang yang relevan.. lebih ditekankan pada kemampuan, pengalaman,skill n knowledge..biasanya di-asses dari wawancara (ato tes 10 soal…hehehe) jadi cv lo gak dibaca sedetail kalo misalnya penyaringan fresh grad.

    Umumnya rekrutmen fresh grad khan pake jasa biro konsultan SDM jadi CV lo bener2 dibaca..lha kalo perusahaannya sendiri yang ngurusin rekrutmen..nggak terbayang kesibukan bagian SDM..jadi ya mungkin cv lo g sempet dibaca keseluruhannya.. paling2 user yang wawancara juga bingung..nih kenapa fresh grad bisa masuk kandidat manager…hehehe

    • Kill_puTra
      03/07/2009 at 12:37 am

      yah gmn pak..gw cuma bisa bilang ini incident..haha..ngarep dikit bolehh lah..kekeke,,,ada yg mau kelanjutan part 2 nya ga neh??kynya respon pembaca nya , merasa kurang tertarik ama kisah hidup gw..haha

  4. 03/07/2009 at 1:33 pm

    lanjut aje part two nya,, ampe masa waktu yg skrg,, jd orang2 tau kondisi lo yg skrg put.. hoho..

  5. edho as
    07/11/2009 at 5:01 am

    wah, boleh juga yah ceritanya, agak menyedihkan sih dan orisinil. hehe tp ada yang kurang lho, ada beberapa ceria di atas yg hrs diperjelas, sperti bla bla bla, was wes wos, hmm gimana kalo di part berikutnya dibikin lebih detail, biar lebih terbawa suasana, dan siapa tau bisa bikin temen” kita diluar sana yang baca jadi berminat bwt ceritain kisah mreka juga. tapi, nice 1.. good luck.

    • 07/12/2009 at 5:43 am

      makasi info dan saranya bos…part 2 uda di buat..dan part 3 saya uda bikin draft nya..usulnya sangat baik skali..makasi sekali lagi..cerita ini emang orisinil kok..🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

