Home > interview > Persiapan Menghadapi Interview

Persiapan Menghadapi Interview

Interview merupakan sebuah proses seleksi yang harus dilalui kebanyakan orang ketika melamar sebuah pekerjaan. Memang susah-susah gampang. Butuh persiapan, kejelian dan kecerdikan – dan tentunya keberuntungan.
Tapi, bukan berarti interview itu gak bisa disiasati dan dipelajari,..Berikut ada beberapa langkah yang rasanya perlu dan akan membantu ketika lo yang akan menjalani interview atau wawancara kerja.

  1. Lakukan langkah persiapan dan tumbuhkan percaya diri
  2. Buat catatan mengenai interview, dari mulai waktu, tempat, pakaian dsb.
  3. Datanglah tepat waktu, usahakan tiba tidak kurang atau lebih dari 20 menit sebelum waktu wawancara, jangan telat!(sekali lo telat, tamat riwayat)😆
  4. Persiapkan segala sesuatunya (ktp, dompet, dll) sebelum berangkat, jangan sampai ada yang tertinggal..
  5. Tulis dan latih kemungkinan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul di saat interview.(pcaya de, yang namanya interview itu rata2 hampir sama pertanyaannya )
  6. Buat kesan yang baik, jabat tangan dan menunggu dipersilahakan duduk adalah hal yang sangat baik..
  7. Berpakaian sopan dan rapi,..Jangan menilai orang dari covernya gak berlaku pada saat interview,, kalo bisa lo pake dasi, pake dah..ga usah malu ama saingan yg lain..yang pasti dimata interviewer lo dinilai lebih..
  8. Jangan terlalu banyak berbicara, salah-salah justru lo ntar  yang jadi pewawancara.hehe
  9. Bersemangat dan berpikiran positif, tapi jangan terlalu over..jgn teriak2 jg..😀
  10. Usahakan komunikasi pada saat interview menjadi dua arah, jangan nge-bete-in kaya patung..
  11. Jawablah pertanyaan dengan jelas…elaborasi ( ngemeng) jawaban seperlunya…
  12. Bawalah cadangan pas foto dan CV, gw pernah dimintain lg Cv pas interview..kalau perlu uang cadangan lebih buat jaga-jaga ada sesuatu yang mendadak.(buat nyogok bisa jg,,kekeke)
  13. Tataplah mata pewawancara, jangan tatap yang lain-lain, misalnya dada,bibir atau kakinya apa lagi sampe lo ngiler hehehe.😆
  14. Buatlah diri anda merasa nyaman selama interview, tapi jangan serasa dirumah sendiri sampai keenakan tidur..
  15. Sebutkan target spesifik dan jelas, jangan terlalu idealis deh, nantinya dianggap pembohong dan gak realisitis…
  16. Anggap bahwa interview seakan kencan pertama lo, ini akan jauh lebih baik kan dari pada menjadi cemas dan tegang?
  17. Sebutkan kekurangan lo sewajarnya dengan cara yang cerdik , jangan coba anda tutup-tutupi (contoh : saya jika sedang bekerja suka lupa waktu(standar gw abiss).
  18. Cobalah bertanya jika ada yang tidak jelas pada saat interview(tp jangan nanya obeng trus  lanjut ke no.hp si ibu nya, gaswat ntar :D)
  19. Banyak-banyak berdo’a ,ingat..usaha sekeras apapun kalo memang bukan rejeki dari tuhan, lu dijamin ga bakal lulus..hehe..pada saat lu ga lulus saat interview yakin lah bahwa tuhan udah milih jalan yg lebih baik buat lo😀..minimal pengalaman lo interview nambah lah..kekeke
  1. Hans
    05/16/2009 at 6:47 pm

    weh….weh….ni dia yang bikin gw tmbah PeDe….
    Siapa pun loe Maksih ya….n jg doain gw biar keterima di perusahaan yang sedang gw lamar, kalo elu cewek abis gw keterima giliran lu gw LAMAR hehehe

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: