Home > Artikel > Microsoft Project vs Primavera Project Planner

Microsoft Project vs Primavera Project Planner

Bagusan mana sih make Ms.Project ato Primavera??

Bagi yang belum tau ke2 jenis program diatas, program tersebut adalah program yang biasa digunakan untuk perencanaan penjadwalan suatu project. Nah sesuai fungsi nya, program ini banyak digunakan oleh project planner, project control, scheduler, project managaer, estimator, dll untuk merencanakan jadwal kegiatan proyek, jadwal penggunaan material, jadwal penggunaan peralatan, dan jadwal penggunaan tenaga kerja.

Bagaimana perbandingan ke2 program ini?

Keunggulan utama dari Primavera dibanding MS Project adalah pada saat tahap pengontrolan, dimana. Primavera akan memberikan analisa yang lebih akurat dibanding MS Project. Untuk sampai saat ini Primavera  mampu menampilkan grafik Resources(material, manpower, equipment) ,Cost dan S-Curve dalam bentuk Percentage yang dapat menampilkan perbandingan antara plane dan earn untuk setiap periode waktu tertentu. Di Primavera kita juga dapat bekerja secara Multi Project, sehingga kita dapat melakukan tracking resource/cost by Project Portfolio. Juga sejak Primavera versi 5 sudah berbasis database, sehingga dapat digunakan secara multi-user.Bahkan saat ini sudah ada versi Web, sehingga user dapat melakukan update dari mana pun.

Saat ini Primavera Project Management sudah hadir versi 6.1. Juga tentang integrated dengan Microsoft Office sangat baik, tidak hanya untuk MS. Excel, bahkan tersedia menu khusus untuk export/import ke MS. Project.Tentang membuat S-Curve, Primavera menerapkan konsep Earn Value Management yang tentunya tidak sekedar mampu menampilkan dalam bentuk persentase, tapi juga dapat menampilkan Remaining & Forcasting Cost. Untuk S-Curve dalam persen dapat diatur dari Graph Scale setting.Dan mungkin bagi yang sudah memanfaatkan P6 Web, dengan Dashboard Report dan Portfolio Analysis yang sangat user friendly, baru dapat merasakan bedanya dengan MS. Project.

Menurut gw, Biasanya MS. Project digunakan untuk meng-handle project-project kecil, dan Primavera untuk Capital Project yang perlu integrasi data dan report terpadu, sehingga factor human error minimal.

Jadi bagusan mana dong ?kalo menurut gw 22 nya sama2 bagus, tergantung kita enak makainya yang mana, tapi bagi gw kalo kita bisa primavera itu dapat menjadi nilai plus bagi kita karena biasanya perusahaan-perusahaan besar lebih tertarik ke jobseeker yang bisa mengoperasikan program ini. Mengkombinasikan ke2 program ini merupakan cara terbaik karena waktu input data  (resource, calendar, code…) kali pertama memakai ms project (karena  lebih cepat dan mudah edit), naaah begitu sudah mulai updating / tracking proggress import ke primavera deh,,Combine is the best untuk ke2 nya..

 

ini adalah tulisan lama yang belum diupdate…tapi silakan kalau ada yang mau bertanya tentang ke2 software ini 🙂

  1. diansayu
    09/04/2009 at 11:34 am

    Mas Putra…
    Salam kenal,
    Aq dian sayu, skr lg kuliah disalah satu perguruan tinggi negri di jawa.
    Aq sangat tertarik sama primavera, dan skrng aq lg skripsi tentang software ini. Aq uda punya CD sama buku tutorial software ini. tapi sayang aq dapat kendala tentang installernya software primavera… kmrn aq uda dpt tapi sayang hoh g bisa di edit2 gt.. (buat project baru gak bisa)…
    Mungkin mas putra bisa bantu aq???
    Thx bgt

    • 09/04/2009 at 1:34 pm
    • Jandri
      09/21/2018 at 8:01 am

      hallo dian, aku mahasiswa tingkat akhir jg, tp aku dpt kendala di tutorialnya? km bisa bantuin aku untk toturial primaveranya ?

  2. syaiful
    10/29/2009 at 4:47 pm

    mas putra,
    thx atas infonya. aku tertarik dgn artikel nya. minta infonya dong, klo pingin kursus primavera yg qualified di daerah jkt barat dimana ya ?
    rgd,
    syaiful

    • 10/31/2009 at 5:11 pm

      utk mas syaiful..kalo dijkt yg saya tau ada di lpp-salemba sebelah kampus FK-UI,tp kmrn saya cek masi berkutat di P3, hehe..
      kalo utk yg agak mahalan dikit ada di EDP MEdia, ini bagus krn punya authorized lgsg dr primavera nya,,bisa di cek di website nya…
      smoga membantu 😀

      • Vina
        11/12/2016 at 2:34 pm

        Dimna tu EDP Media mas,dan berapa biayanya.website nya ap mas

      • 11/12/2016 at 3:14 pm

        bisa cek disini utk materi dan harga nya http://www.edpmedia.co.id,
        sebaiknya udah punya dasar menggenai primavera terlebih dahulu sblm ikut di edpmedia

  3. 01/27/2010 at 11:17 am

    mas,
    ada manual booknya gak?
    aku lagi mulai download nech…
    thanks ya…

    • 01/28/2010 at 8:03 pm

      untuk manual book gk ada mbak…tp ntr mgk bisa dibaca tutorialnya di programnya atau cari2 aja diinternet….bukunya jg banyak yg jual di gramed..hehe

  4. isan
    02/10/2010 at 10:42 am

    Mas, klau primavera versi 6, klau kita buat project baru, Tempat penyimpanan filenya dimana ya, kok saya cari gak ketemu & ekstensionnya apa?, pa berupa databese

    • 02/10/2010 at 12:15 pm

      yup…simpannya berupa database…biasa extensionnya .xer 🙂

      • isan
        02/11/2010 at 2:09 pm

        carinya gimana mas, udah aQ search kok gak ada ya, pa hrs lewat SQL server

      • 02/12/2010 at 1:41 pm

        namanya p6 itu otomatis kesimpan di file databasenya…sudah buat new EPS lum? kalau belum? berarti masuknya ke EPS yang sudah ada ..itu sulit ngelacaknya…coz p6kan sudah ada banyak EPS existingnya…

  5. isan
    02/22/2010 at 9:29 am

    ok, makasih

  6. mohan
    05/07/2010 at 5:33 pm

    Pak putra, saya punya Primavera P6 dan P5, setelah saya install ikut petunjuknya tapi kenapa gak bisa y jalan…? dia minta password…
    bisa minta bantu p????

    ths
    mohan

  7. 05/11/2010 at 1:46 am

    tertarok banget blajar primavera ni om

  8. tantri
    05/26/2010 at 10:15 am

    Mas Putra, salam kenal..
    Mau tanya dong, aku ngerjain project pakai P5 di komputer A, terus sekarang mau dipindahin pake P5 juga di komp B, cara copy filenya gimana ya? sudah coba di import tapi kok ga bisa ke buka ya?
    makasih ya mas, ditunggu infonya

  9. Fitri
    06/01/2010 at 3:25 pm

    Pertanyaan saya sama kayak mbk Tantri, gmn cara ngopi file primavera dari 1 komputer ke komputer yang lain??????
    Trims

    • 10/23/2011 at 10:30 am

      mbak….tinggal di export ke suatu folder..nanti akan dikeluarkan file xer nya…nanti file xer itu kt import di primavera komputer lain

  10. Aswan...
    06/22/2010 at 8:47 am

    sy sgt tertarik blajar Primavera 6, sy sdh byak beli bukunya ttng Primavera, Saya mau nanya nih…koq Install susah banget ya mas…?

    • 10/23/2011 at 10:30 am

      installnya memang susah banget mas…karna ssystem database SQL server…dan kalau gagal pertama kali install..susah utk diremove lg SQL servernya..saya pernah sampai harus install ulang laptop 😀

  11. 07/22/2010 at 4:01 pm

    Mohon bantuannya, dimana saya bisa mendapatkan/membeli Software Primavera Versi 6.1, apakah memang sudah ada yang menjual software tersebut diJakarta.
    Thanks,

    • 10/23/2011 at 10:28 am

      pak ..sudah banyak yang jual..skarang juga saya sudah pake versi 6.7..dimana kita bisa munculin proggress line(zig zag schedule) yang tidak ada pada menu sebelumnya

  12. 09/06/2011 at 12:52 pm

    salam kenal, Mas..
    saya baru pake primavera V6.
    dengan sengaja saya menghapus EPS yg sdh ada di programnya.
    kalo kita mo ngembaliin lg EPS yg udah kehapus bisa g’??
    trus kalo kita mo nyari EPS yg baru yg udah lengkap activity nya ada g’???
    Tolong bantuannya, Mas…

    • 10/23/2011 at 10:25 am

      pak..setau saya sudah tidak bs direcovery..kecuali diinstall ulang…

  13. Shendy
    11/24/2011 at 3:55 pm

    Selamat sore…
    Saya sedang mencari seorang programmer yang bisa mengoperasikan PRIMAVERA,,,
    ada yang tau dan bisa bantu merekomendasikannya ????

  14. 11/30/2011 at 10:55 am

    coba hubungi pak darmadi hp 085756809915 atau google di darmadi18

    • Ayu
      10/08/2019 at 9:53 pm

      Info dong yang lg buka kursus utk primavera dan bim. Pngen coba belajar. Kalau ada yg buka privatnya mohon info ya teman2 082352240354. Thanks

  15. Shendy
    12/06/2011 at 9:35 am

    alasan anda merekomendasikan beliau apa??

  16. erlinda
    12/17/2011 at 10:30 am

    Selamat siang mas, mau tanya apakah program P3 ini masih bisa dijalankan ketika kita tidak memasukkan resource nya? akrena ada sumber yang mengatakan program P3 dapat dilakukan ketika semua data informasi mengenai proyek konstruksi yang akan direncanakan telah diperoleh, baik perencanaan waktu hingga perencanaan sumber daya, jika kita tidak memasukkan perencanaan sumber dayanya bagaimana? saya baru belajar program ini mas, trima kasih.. 🙂

    • 12/17/2011 at 10:37 am

      program primavera baik versi 3 dan versi 6…bisa dijalankan tanpa memasukkan resources(manpower,equipment,cost)…
      kebanyakan perusahaan2 konstruksi yang menggunakan primavera pun belum sampai memasukkan resources ke schedule mreka,,dan biasanya memang basic scheduling(gantchart&Critical path only dengan memasukkan activity,durasi dan relationship) sudah cukup.

      • erlinda
        12/17/2011 at 12:56 pm

        Terima kasih banyak y mas untuk jawabannya.. 🙂

  17. siso
    02/12/2012 at 7:50 am

    Selamat pagi Pak,, saya punya kendala untuk mengedit Activity IDs sebelumnya, misal existing 2,3,4,5, kemudian saya mau mengedit nomor 1, kemudian saya tidak dapat melakukan undo seperti yang ada di MS Project, untuk di Primavera caranya bagaimana ,, trims pak, mohon bantuannya

  18. siso
    02/12/2012 at 8:09 am

    Salam Kenal pak,,
    langsung saja, bagaimana kita dapat melakukan undo pada Primavera, jika di Ms. Project kita dapat melakukannya, yang kedua untuk mengedit IDs yang pertama bagaimana misal existing ID 2,3,4,5 cara untuk meng edit new ID 1 padahal kalau kita masukkan new ID automatically yang muncul ID 6, mohon bantuannya,, sebagai info saya masih menggunakan P3, Trim’s

  19. 02/18/2012 at 9:12 am

    Kami Conztruct – jakarta, menyediakan pelatihan privat atau kelas reguler untuk : Tekla, Staad Pro, SAP 2000, ETABS, Ceasar II, PDMS, Microstation, 3D Max, Primavera, Revit, Prolog, dll. cp: 0813 8222 7045

  20. 03/07/2012 at 8:59 am

    Brother & Sister sesama pengguna Primavera. Sharing infonya dong, klo mau cari software asli /original Primavera Project Management dmn? Udah dapet info di EDP Media. Ada tempat yg lain ga yah? Thanks

  21. schedulerbontang
    04/01/2012 at 6:55 pm

    Menarik juga neh …
    Sudah lama di Gunanusa kah, salam kenal ya. Sharing sedikit yang saya tau dari discuss list diatas:
    1- Primavera memang program, tetapi jika mencari seorang programmer utk meng operasikan ini, coba pikir lagi fungsi dari software ini? Di industri Migas khusus nya, di gunakan dalam project management team, tanggung jawab utama pada org dgn posisi project control
    2- Primavera pd saat ini telah di akusisi oleh Oracle, software di share gratis kok utk feature terbatas. Silahkan googling edelivery clouds oracle, lalu perhatikan detail nya
    3- Jadi selain EDP, juga bisa meng kontak Oracle Indonesia / agar cepat di respon silahkan kontak ke Oracle pusat

    Btw, bagi yang tertarik dgn “dunia” semacam ini silahkan bergabung ke Project Control Indonesia: ProjectControls_Indonesia@yahoogroups.com

    Cheers,

  22. schedulerbontang
    04/01/2012 at 6:59 pm

    Satu lagi, berikut manual Primavera P6 yg mana ditulis oleh seorang praktisi:

    http://www.scribd.com/doc/52133033/Primavera-Version-6

    Nama nya juga praktisi, maka yg dijadikan simple dan fungsional, tidak seperti buku manual software pada umum nya.

    • 05/10/2012 at 6:59 pm

      mas sketska..makasi uda komen di blog saya…dan sharingnya sangat berharga 🙂

  23. faizal
    05/10/2012 at 10:35 am

    mas putra..
    saya install primavera di windows 7, minta user name sama password, saya isi apa ya??

    mohon pencerahan

    • 05/10/2012 at 6:59 pm

      mas…coba masukin user : admin
      password admin….default pass dan username utk stand alone.

  24. dharma
    05/21/2012 at 11:01 am

    Halo Mas Putra…..!! Ikut bergabung ah, biar tambah ilmu.

  25. dharma
    05/21/2012 at 11:04 am

    Mas Putra, bagi ilmunyalah yaa?. Mas, aku udah pelajari tutorial Primavera versi 3.0. versi ini seberapa jauh perbedaannya sama yang versi 3.1. Mas??. Thank U

  26. schedulerborneo
    05/21/2012 at 12:39 pm

    Primavera sudah di akusisi oleh Oracle, shg nama nya menjadi Oracle Primavera. Versi yg umum digunakan terutama dalam project2 Migas adalah versi 6 (P6). Bagi yg sudah meng install, silahkan update versi terbaru lengkap dgn feature nya di: edelivery dot oracle dot com

    Btw, kawan saya mengadakan kursus Oracle Primavera P6. Bermanfaat sekali bagi yg ingin go International, certificate langsung dari Oracle yg berpusat di USA, silahkan download info nya di:

    http://uploading.com/files/ea1615ee/KMI%2B-%2BOracle%2BInd%2BTraining%2B2012.pdf/

    Silahkan compare, karena jika daftar langsung ke Oracle maka original price:

    http://education.oracle.com/pls/web_prod-plq-dad/db_pages.GetCourseDesc?page_id=1&dc=D67340GC10&p_preview=N&p_org_id=15942&lang=US

    • Vina
      11/02/2016 at 2:07 pm

      Aku mau belajar primavera mas.tp experience saya safety officer baground aku akutansi.aku ingin go international mas.

      • 11/04/2016 at 5:26 am

        Dear Vina,,,memang menguasai primavera bagus namun menjadi safety officer juga ga kalah..safety officer jg bs go international kok…knapa tidak diperdalam saja dengan berbagai sertifikasi di bidang safety?

  27. handy
    05/26/2012 at 10:38 am

    selamat siang,
    mas saya baru ingin terjun kedalam project control, apa saya yg harus dipersiapkan?
    secara saya dari bidang akuntansi.
    trims.

    dibutuhkan saran2 yg membangun 🙂
    (festian.handardi@yahoo.com)

    • 06/15/2012 at 7:34 pm

      mas Handy, jika ingin terjun ke bidang PC…mungkin bisa dimulai sebagai cost control…hal ini cukup suitable dengan background pendidikan anda….tida ada salahnya mas mencoba hal2 baru…kalo uda mapan di COst control/budget control, maka anda suda termasuk sbg seorang PC, krn PC pada hakikatnya terbagi sebagai Cost control dan schedule control.,

  28. novi
    05/30/2012 at 7:48 am

    mas…sebenarnya microsoft project cocoknya buat perusahaan ap????

    • novi
      05/30/2012 at 8:12 am

      novi :
      mas…sebenarnya microsoft project cocoknya buat tipe perusahaan apa
      ????

    • 06/15/2012 at 7:32 pm

      smua bisa kok mbak…ms project gk ketinggalan dr primavera,,.tp saat ini hampir smua perusahaan mewajibkan kita mampu menguasai primavera…dan jgn takut jg utk blajar primavera krn itu hanya sbuah tools, yang penting kita mengerti konsep scheduling.

  29. Andy
    07/20/2012 at 2:14 pm

    boleh gabung yah,
    mohon petunjuknya, untuk kesempurnaan updating schedule di primavera data2 apa saja yg harus saya siapkan, biasanya saya hanya siapkan start – finisih actual, % actual progress. trm ksh

  30. ismail
    07/26/2012 at 8:17 am

    sy mau kursus primavera dimana yah, mudah2an biayanya terjangkau

    • 07/26/2012 at 3:07 pm

      kalo kursus primavera setau saya ada di daerah salemba pak..disamping kampus FK-UI..saya lupa namanya…kalo mau sertifikasi..bisa lgsg ke EDP media…mreka akan kasi 2 day short course terlebih dahulu..

  31. abdul
    10/27/2012 at 12:18 pm

    assalamualaikum wr.wb , salam kenal dr sy abdul. Sy sdg mencr buku primavera, boleh minta saran ny bg buku karangan siapa yg bgus untk sy pelajari? D tunggu kbar ny, thanks bnget atas info ny

    • PCI
      10/27/2012 at 2:10 pm

      walaikumsalam Abdul, buku yg dimaksud aplikatif / teori? jika berharap dlm bhs Ind, belum ada pd saat ini kecuali MSP (Microsoft project). btw, hal2 ginian sering di share gratis lho di komunitas project control. silahkan gabung kesini: project-control-indonesia@googlegroups.com

    • 10/31/2012 at 9:03 pm

      menambahkan jawaban dr bro PCI…memang sulit mencari buku tutorial yang bagus dalam versi bhs ind, kalaupun ada itu adalah tutorial tidak resmi buatan temen2 yang mau sharing ilmunya..kalau utk yang english..boleh coba baca buku Paul e Harris..dengan harga skitar 99 USD ..

  32. endro
    11/29/2012 at 5:24 pm

    maaf sebelumnya saya mau bertanya cara input data excel ke MS project dan cara langkah” memasukan datanya,,

  33. PCI
    11/29/2012 at 6:31 pm

    Brother Endro serta rekan lainnya, bagi yang mau belajar microsoft project, primavera wabil khusus ilmu planning, scheduling, project control eng silahkan gabung ke milis ini yang mana para professional praktisi proyek berkumpul:

    project-control-indonesia@googlegroups.com

    Kita juga sering kopi darat serta mengadakan free training untuk implementasi dilapangan. Ini yang paling penting toh hehehe … Cukup ok reward yang diberikan mengingat min. gaji yang diterima untuk “Fresh” praktisi ini relatif untuk kontraktor di kisaran 5 juta

    Kebanyakan pekerja Migas dan Mining lhoo sebagai inisiator dan anggota aktif milis tersebut … Semoga bermanfaat

    Salam,

  34. Aulia Syofyan
    11/30/2012 at 10:57 am

    ikut nimbrung boleh ga ni….. kebetulan saya pernah pakai primavera. ada beberapa yg saya mau diskusikan…
    makasih all…
    Salam kenal

    Aulia Syofyan

  35. 12/29/2012 at 10:29 pm

    salam kenal saya hannan yang mana sedang study management tapi saya tertari dengan programing apakah general program itu adlah juga menyangkut primavera dan apa itu adalah feel engginering ,, harus kah bisa autocad dulu sebelum mulai belajar primavera
    trimaksih jawaban ku tunggu

    • 03/13/2013 at 6:57 pm

      sbenarnya untuk penggunaan primavera tentu saja anda harus terlibat dalam suatu project..baik itu project konstruksi atau proyek IT…software ini bisa digunakan..tidak diperlukan pengusaan software lain utk bs belajar primavera..namun sebaiknya diperlukan basis ilmu penjadwalan dan sedikit pemahaman ilmu manajemen proyek ..dimana ilmu2 ini merupakan cabang dari teknik sipil..sehingga banyak para lulusan teknik sipil yang menjadi seorang planning engineer…tp tetap tidak menutup kemungkinan dari major lain utk bs berkarir sbg planner…semua tergantung minat dan kesempatan yg didapat.

  36. 01/15/2013 at 11:21 pm

    Mas Putra, Mohon info update donlot link nya dong,…. 😀 Matur Suwun

  37. santo
    02/13/2013 at 9:40 am

    Salam kenal
    saya mau tanya ne saya sangat tertarik tuk belajr nya,btw klu di migas gmn perkembangan nya y??mksd saya prospek nya gmn klu di oil and gas….
    trus misal saya dpt sertifikasi nya apakah ada perusahaan yg mau menrerima saya yg blum puny pengalaman dibidng primavera tp saya dh punya sertifikasi…

    mohon pencerahan

    thank you

  38. santo
    02/17/2013 at 2:33 pm

    Salam kenal pak,
    saya mau tanya pak klu primavera/ms.project di dunia migas fungsi nya apa ya pak??
    oh iya pak bs tdk klu sya pelajari itu pak?tp sy dr jurusan teknik tambang..
    thank you

    • 03/13/2013 at 6:54 pm

      Software tersebut kegunaannya adalah untuk pembuataan perencanaan dan penjadwalan project ..tergantung minat bapak, kalau tertarik bisa mempelajari nya..saya rasa background pendidikan tidak terlalu berpengaruh asal punya minat dibidang planning engineering.

  39. Yusuf
    03/07/2013 at 3:48 am

    Salam kenal juga pa ,
    Maaf saya sudah berusaha download , dengan link yang bapak kasih tapi setelah saya akses file nya tidak ditemukan pa

    • 03/13/2013 at 6:49 pm

      mohon maaf untuk link update P6 terbaru belum saya update..saya usahakan untuk cari source link yang baru..untuk sementara mungkin bisa cari source via torrent karena memang kebanyakan “Link” sudah banyak yang expired.

  40. 03/13/2013 at 6:42 pm

    Salam kenal Mas.
    Saya mau tanya nih. Kalau mau beli software primavera yang resmi dan berlisensi untuk kantor saya, ke perusahaan mana ya? Apakah Primavera punya representatifnya di Jakarta?
    Thanks ya.

    • 03/13/2013 at 6:49 pm

      Pak silahkan hubungi EDP media. cek website mreka di edpmedia.com atau bisa langsung hbungi oracle indonesia.

  41. Arie
    03/14/2013 at 3:31 pm

    salam kenal mas,

    apakah Primavera yg stdalone itu bisa di share databasenya?
    contoh 1 teman saya menggunakan primavera stdalone, gimana caranya teman saya yg lain bisa akses pekerjaan di primavera teman saya yg 1 ? trims

    • 03/19/2013 at 8:12 am

      Salam Kenal juga,gk bisa mas..primavera stand alone hanya bisa digunakan di satu perangkat PC atau Laptop dan tidak bs diakses atau sharing akses. Mungkin kalo mau repot terpasa di export file Xer-nya dan kemudian di share dan di Buka di PC/Laptop temennya..

  42. kev
    04/30/2013 at 9:49 am

    Salam kenal,
    Mohon bantuannya untuk mengshare tutorial primavera dengan contoh kasus

  43. Yusep
    09/02/2013 at 11:37 am

    Salam kenal mas putra,

    Ada yang mau saya tanyakan terkait masalah publish project yang selalu gagal setelah dilakukan edit/update project.
    Berikut contoh errornya saat dilakukan publish:

    The following job failed to completed
    Job Type : Publish
    Error ID : 23000(0x59D8)
    Error Description : An internal error occured

    Could not publish the project. If the problem persist, contact your system administrator.

    Note:
    Apabila dilakukan save dan publish pada file schedule project baru tidak terjadi error.

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  44. Indah
    11/03/2013 at 5:11 am

    Salam kenal semuanya. Kebetulan saya tim teknis untuk Oracle Application. Primavera membutuhkan sedikit penyesuaian dalam hal installasi dan konfigurasi dimana membutuhkan bantuan dari DBA dan Administrator. Dalam hal ini adalah privilege. Untuk Primavera standalone, database bisa dishare ke lebih dari satu user. Tapi tentunya tidak menggunakan database Oracle Express. Anda bisa menggunakan SQL Express.

    Semoga membantu.

    Salam,

    Indah

  45. 11/19/2013 at 5:07 pm

    wah bagus nih,, sya make dua-duanya,, n saya kira masing-masing punya kelebihan dan kekurangan

  46. Ferdaus
    01/06/2015 at 8:41 am

    Mas,mau tanya sya secara tidak sengaja menghapus EPS, cara mengembalikanya bagaimana ya?

    • 11/02/2015 at 4:26 pm

      kalo EPS terhapus,. ga bs dikembalikan lagi.

  47. rizky
    11/02/2015 at 3:06 pm

    saya nginstall primavera kok g bisa di buka mas,,,padahal sudah berhasil diinstal tp g bisa dibuka

    • 11/02/2015 at 4:26 pm

      sepperti apa ga bisa nya?

  48. maul
    04/11/2016 at 7:59 am

    mas cara save as data di primavera gimana ya?

    • Muhammad Sahir
      10/02/2016 at 10:38 am

      Maaf mas putra,

      Ble tanya untuk menjadi project control sofware apa semua pak yg harus kita pelajari

      Salam

      • 10/03/2016 at 1:38 pm

        Hi Mas Sahir, Untuk menejadi seorang PC, hal pertama tentu menngerti konsep Project Management secara umum. Kemudian dilanjutkan pemahaaman detail mengenai Cost dan Schedule (bagian dari area Project management). Diindonesia sendiri, PC identik dengan schedule Control. Setelah mempunyai pemahaman tersebut, dilanjut dengan pemahaman project yg sedang anda kerjakan, misalnya proyek oil n gas dengan proyek jembatan tentulan membutuhkan pemahaman yg beerbeda..paling akhir adalah software yg diperlukan mensupport pekerjaan tersebut seperti Ms Project dan Primavera untuk seorang scheduler, namun ingat software hanya tools, yang paling penting adalah pemahaman2 diatas terlebih dahulu

    • 10/03/2016 at 1:34 pm

      Save data di Primavera bisa dilakukan dengan export filee nya kee .Xer atau same in other format.. untuk save data pekerjaan tidak perlu dilakukan krn setiap kt melakukan perubahan itu lgsg ke save.. jadi hati kalo salah pencet..hehe

      • andra
        04/28/2017 at 3:24 pm

        Mas,, untuk tracking primavera p.6 apakah sebelumnya harus memasukkan resources per minggu dan membuat WBS pengeluaran per minggu..?
        Mohon bantuannya untuk tracking serta output hasilnya dari program tersbut.
        Terimakasih.

  49. 05/02/2017 at 12:13 pm

    Halo Andra, Untuk Tracking jadwal pekerjaan / forecast completion kita bisa lakukan tanpa resources loading ke dalam activities atau WBS dengan memasukkan bberapa dta seperti expected finish date( remaining duration), Progress type (duration, physical atau resources) dan Actual start – finish date , Untuk informasi saya fokus di web projectcontrol.id . Mohon untuk melanjutkan diskusi di web tersebut dengan subject tulisan yang sama( MS Project Vs Primavera)

  50. Lywa
    10/11/2017 at 7:26 pm

    Saing komplitnya banyak fasilitas primavera yg tdk terpakai. Kalopun dipakai maka tim lbh sibuk ngurusin softwarenya yg rumit ketimbang ngirusin project itu sendiri… He he he

  51. Rian
    11/26/2017 at 8:38 pm

    Pembahasan yg menarik…

    Tapi pak boleh saya minta tolong saya cari software Primavera tapi belum dapet”…

    Mohon bantuannya saya ingin mempelajarinya…
    Pak boleh saya minta situs untuk download Primavera yg free…

  52. Jandri
    09/21/2018 at 8:07 am

    Halo Bang Putra, aku mahasiswa tingkat akhr TA aku menggunakan aplikasi primavera, cuma aku dpt kendala di tutorial nya..? bang bisa bantuin aku untuk tutorial primavera dlm bentuk video.?

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment